Pada setiap silinder motor 4 takt dilengkapi dengan dua buah klep yaitu :
1. buah klep masuk. dan 1. Buah klep buang, Untuk tanda klep IN adalah permukaan piringnya lebar, Tipis dan ringan dibanding klep EX atau klep buang. Tanda klep EX adalah permukaan piringnya kecil, tebal dan berat dibandingkan dengan Klep IN atau klep masuk.
Bentuk susunan atau kontruksi pesawat klep.
Seperti yg sudah di terangkan di muka bahwa bentuk susunan klep di gunakan pada motor 4 TAKT Honda khusus untuk sepeda motor ada [ 3 ] Macam, Yaitu :
- Kontruksi over Head Valve Convantional, digunakan pada type Benly B110 dan type C50.
- Kontruksi Over head valve Inconventional, digunakan pada type CG 125 dan Cg 110.
- Kontruksi Over head Camahaft, di gunakan pada type - type C 70, C90, S90Z, CB 125 twin dll.
Apapun bentuk susunan atau konstruksi klep yg ada tidak menjadi soal, Yang penting adalah kondisi klep serta seluruh bagian-bagiannya dalam keadaan yg baik, supaya klep bekerja sesuai dengan rencana yg telah di tentukan. Perlu anda ketahui bahwa saat-saat terbuka dan tertutupnya klep antara type yg satu dengan type yg lainya tidak sama. Ketentuan mulai terbuka dan mulai tertutupnya klep di sebut tertib klep / valve timing.
Gambaran mengenai rencana kerja klep dalam melaksanakan membuka dan menutupnya saluran-saluran gas sesuai dengan tertib klepnya disebut dengan diagram rencana kerja klep.
Dengan diagram rencana kerja klep, maka dapat di ketahui berapa lamanya klep IN Membuka dan berapa lamanya klep EX membuka, berapa lamanya ke dua klep menutup dua-duanya dll.
Suatu contoh sebagai berikut :
Pada honda type S90Z mempunyai ketentuan rencana kerja klep demikian :
klep IN membuka 5* sebelum TMA, dan menutup 35* Sesudah TMB.
Klep EX membuka 25* sebelum TMB dan menutup 5* sesudah TMA.
Susunan pesawat katup Honda CG 110 / 125 system OHV
Keterangan gambar :
1. Gigi kruk as .
2. Rotor magnet .
3. Garis T tepat dengan tp ( top )
4. Noken as
5. cam follower.
6. Gigi noken as
7. Push rod
8. Temlar
9. Mur pengikat
10. Baut setelan .
11. Renggang klep .
12. per klep .
13. Saluran masuk
14. Klep masuk .
15. Saluran buang .
16. Klep buang.
17. Tanda 0 di gigi noken as dan gigi kruk as.
Susunan pesawat katup Honda Cb 100 / 125 Systim OHC
Keterangan gambar :
1.Cam Sprocket .,
2. Noken As.
3. Tanda 0 Tepat denagn Top
4. Renggang klep .
5. Mur pengikat .
6. Baut setelan .
7. Klep masuk .
8. Klep Buang .
9. Timing Sprocket .
10. Spi Rotor Magnet .
11. Rotor Magnet .
12 Garis T tepat dengan TP / top.
Baca juga artikel berikutnya : Cara skur klep / mengasah klep / Valve grinding.