Dikarenakan banyaknya kebutuhan alat-alat pada sepeda motor menggunakan arus listrik, maka untuk menjaga agar arus listrik yang ada pada sumber listrik tidak habis, pada sepeda motor dilengkapi dengan sistim pengisian batery, memungkinkan akan menghasilkan tenaga yang cukup setabil, karena pada pengapian menggunakan aki.
Pada motor-motor sistim magnet yang tidak menggunakan arus batry, penggunaan banyak alat yang memerlukan arus listrk yang begitu besar sewaktu motor berputar lambat, akan mempengaruhi kinerja motor tersebut dan otomatis akan mengurangi kinerja motor jika tidak di imbangi dengan perawatan yang cukup.
URUTAN PEMBONGKARAN DAN PEMASANGAN ALTENATOR PADA RUMAHNYA |
ADAPUN ALAT-ALAT YANG ADA PADA SISTIM PENGISIAN IALAH :
1. Baterai atau aki sebagai penyimpan arus listrik.
2. Altenator atau generator, ( Alat yang mampu memproduksi listrik )
3. Regulator, alat yang mampu mengatur agar tegangan yang dihasilkan akan selalu constan pada putaran cepat atau lambat.
4. Kiprok atau Recifier bertugas untuk menyearahkan atau perantara arus listrik yang di produksi oleh generator atau altenator, untuk disimpan ke dalam ACCU.
5. Kunci kontak, Sebagai penghubung ataupun pemutus hubungan accu dengan altenator, untuk mencegah adanya arus balik sewaktu kendaraan tidak digunakan.
SISTIM PENGISIAN ALTENATOR |
PRINSIP KERJA ALAT-ALAT PADA SISTIM PENGAPIAN
A. GENERATOR.
Alat ini bertugas untuk suplai arus listrik ke alat-alat yang membutuhkan, Generator bekerja dengan cara mengubah energi mechanis (gerak) menjadi energi listrik
Kerja generator atas dasar prinsip induksi electronik, arus listrik yang dihasilkan melalui kawat spul, adalah hasil pemotongan garis-garis gaya magnet.
B. ALTENATOR
Prinsip kerja alat ini hampir sama dengan generator, kelebihan dari altenator bila dibandingkan dengan generator terletak pada :
- Kumparan rotor atau stator hanya sedikit.
- Kemampuan produksi arus listriknya lebih baik
- Regulatornya cukup sederhana
alat ini bertugas sebagai :
- Pencegah arus balik dari batery
- Mengontrol tegangan listrik yang dihasilkan pada saat putaran lambat atau cepat
Penyearah arus listrik sistim Altenator.
E. KIPROK TUNGGAL
Penyearah arus listrik Sistim generator magnet ke accu
Gambar PENGISIAN PENYALAAN KIPROK TUNGGAL |
F. KIPROK GANDA
Penyearah arus listrik pada sistim generator dan langsung membagi sebagian ke accu dan sebagian ke alat yang langsung membutuhkanya.
Gambar PENGISIAN PENYALAAN KIPROK GANDA |
REGULATOR ATAU REGTIFIER
Cara melepaskan :
Tempat atau posisi Regulator regtifier yang terdapat pada motor honda biasanya berposisi pada tutup samping kiri, Lepaskan penghubung pada kopler regulator / Regtifier, lepaskan Regulator / Regtifier dengan melepaskan baut pengikatnya.
KIPROK GANDA |
Pemeriksaan :
Untuk pemeriksaan regulator atau regtifier, Periksa tahanan di antara kutub terminalnya, gantilah regulator / Regtifier bila pengetesan dengan alat tester tidak terbaca.
Catatan :
Untuk mendapatkan hasil tes yang sempurna / teliti, anda perlu memakai alat tester yang sudah ditentukan. Menggunakan alat tester tidak tepat atau pengukuran pada skala yang tidak tepat akan menghasilkan bacaan salah maka kamu harus lebih teliti dalam penggunaanya.
Gunakan Sanwa elektrik Tester 07308-0020000 atau kowa Electric Tester TH-5H
Skala Sanwa Electric xk
Skala Kowa Electric x 100
sekian pembahasan tentang alat-alat yang ada pada sistim pengisian sepeda motor semoga bermanfaat Terimakasih atas kunjungan anda.