Untuk dinamo starter sudah anda ketahui dinamo starter atau sering disebut juga motor starter, sering anda jumpai pada bagian motor kalian masing-masing bentuk dan penempatanya juga berbeda, dinamo starter adalah sebagai alat penggerak mesin motor selain kick starter atau slagh.
Dari tahun 1991 sampai sekarang ini, pada sepeda motor sudah banyak sekali yang dilengkapi dengan dinamo starter bertujuan untuk lebih memudahkan sang pemakai kendaraan bermotor dalam proses menghidupkan motor, ada dua sistim starter pada sepeda motor antara lain :
1. Menggunakan Starter manual atau Kick Starter.
2. Menggunakan Motor Starter, yang menggunakan tenaga listrik
Pada dasarnya tugas kedua jenis starter tersebut adalah sama, yaitu untuk menggerakan sumbu engkol pertamakali supaya motor bisa hidup.
ALAT_ALAT YANG ADA PADA MOTOR STARTER
- Rantai tensioner
- Kopling starter
- Colector atau komitator
- Sikat atau Coldboster
- Jangkar atau amatur
- Relay Starter
- Tombol Starter
A. MOTOR STARTER TIDAK MAU BERPUTAR ( PENYEBABNYA) :
- Bateray atau ACCU Rusak atau lemah
- Tombol Starter rusak
- Relay Starter rusak
- Motor Starter Rusak
- Tahanan yang berlebihan pada rangkaian listrik
- Ada yang macet atau kotor pada motor starter
- Kopling starter rusak
- Gigi starter rusak
- Sproked atau cakra dan rantai starter rusak
- Kolektor kotor
- Colboster sudah pendek
- Kumparan Field konslet atau terbakar
- Kumparan pada rilay starter kotor
- kunci kontak belum ON
CARA PENGETESAN ALAT-ALAT PADA MOTOR STARTER
Periksa kontinuitas antara pasangan batang batang pemutar, Juga periksa tahanan listrik antara masing-masing batang komutator dengan poros amature tidak boleh ada hubungan kontinuitas atau konslet.
ANTARA PASANGAN BATANG_BATANG KOMUNATOR
Ada Kontinuitas Berarti = Normal
ANTARA BATANG KOMUTATOR DAN POROS ARMATURE.
Tidak ada hubungan Kontinuitas berarti = Normal
Periksa kontinuitas antara terminal kabel dan pemegang atau penahan sikat dan juga dari terminal kabel ke sikat ( Sisi terminal )
TERMINAL KABEL DAN PENAHAN SIKAT
Tidak ada kontinuitas berarti = Normal
TERMINAL KABEL DAN SISI SIKAT SISI TERMINAL
Tidak ada kontinuitas berarti = Normal
Periksa sikat dari keausan atau kerusakan Ukuran panjang sikat batas service 3,5 mm,
Periksa Panjang pegas sikat dari keausan atau kerusakan.
PERAKITAN / PEMEMASANGAN
Periksa bantalan roda gigi starter dengan cara memutar dengan jari-jari Bantalan yang baik harus bisa berputar lembut dan halus.
Periksa juga apakah cincin dalam bantalan menempel dengan kencang pada roda gigi.
Pasang gigi Starter pada rumahnya.
Periksa apakah cincin Luar bantalan menempel dengan kencang pada rumah gigi starter.
Perakitan / pemasangan |
Pasang pegas sikat dan sikat-sikat (bersihkan kotoran) pada pemegang sikat.
Ujung Amature pada pemegang sikat, dengan dengan merenggangkan sikat-sikat keluar.
Pasang O-ring yang baru dan beri sedikit oli.
Pasang rumah Staryer.
Perakitan / Pemasangan |
Pasang gasket / pegas pada pemegang sikat.
Periksa lubang untuk ujung roda gigi starter dari pada pemegang sikat terhadap keausan atau kerusakan.
Beri gemuk bersih pada Ujung lubang itu dan juga pada gigi starter.
Pasang rumah gigi starter pada motor starter.
Perakitan / Pemasangan |
BAGIAN | STANDARD | BATAS SERVICE |
---|---|---|
Panjang sikat motor starter | 7,0 | 3,5 |
Selesai sudah pedoman gangguan yang sering terjadi pada dinamo starter. semoga bisa meringankan kesulitan anda dalam menangani kerusakan dinamo starter, terimakasih atas kunjungan anda di blog saya yang cukup sederhana ini sekian terimakasih.